Resep Sambal Terasi Jeruk Kunci

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Terasi Jeruk Kunci salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Jeruk Kunci

Koki profesional selalu mencari cara untuk membuat hidangan mereka lebih istimewa. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa hidangan adalah dengan menambahkan sambal. Ada banyak jenis sambal yang dapat dicoba, namun kali ini kita akan membahas tentang resep sambal terasi jeruk kunci. Sambal ini memiliki rasa yang unik dan segar, cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan. Berikut ini adalah resep sambal terasi jeruk kunci yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum membuat sambal terasi jeruk kunci, pastikan Anda memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan: – 10 buah cabe rawit merah – 5 buah cabe merah besar – 4 siung bawang putih – 3 buah jeruk kunci – 2 sendok makan terasi – 1 sendok teh garam – 1 sendok makan gula pasir – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat sambal terasi jeruk kunci. Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 1. Pertama-tama, cuci bersih cabe rawit merah, cabe merah besar, dan jeruk kunci. Kemudian iris tipis cabe rawit merah, potong-potong cabe merah besar, dan peras jeruk kunci. 2. Tumis terasi hingga harum, lalu angkat dan haluskan. 3. Kemudian, haluskan bawang putih dan campurkan dengan terasi yang sudah dihaluskan. 4. Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam campuran terasi dan bawang putih, aduk rata. 5. Panaskan minyak goreng di atas wajan, kemudian tumis campuran terasi, bawang putih, garam, dan gula pasir hingga harum. 6. Masukkan cabe rawit dan cabe merah besar ke dalam wajan, aduk rata dan masak hingga matang. 7. Terakhir, tambahkan air jeruk kunci ke dalam sambal dan aduk rata. 8. Sambal terasi jeruk kunci siap disajikan.

Cara Penyajian

Sambal terasi jeruk kunci dapat disajikan dengan berbagai hidangan. Misalnya, sambal ini cocok untuk dipadukan dengan nasi goreng, mie goreng, atau sate. Anda juga dapat menambahkan sambal ini ke dalam sup atau kaldu untuk memberikan rasa yang lebih segar.

Tips dan Trik

– Jika tidak suka pedas, kurangi jumlah cabe rawit yang digunakan. – Jangan terlalu banyak menggunakan terasi, karena bisa membuat sambal terlalu asin. – Gunakan jeruk kunci segar untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. People also ask tentang resep sambal terasi jeruk kunci: – Apa itu sambal terasi jeruk kunci? – Bagaimana cara membuat sambal terasi jeruk kunci? – Dapatkah sambal terasi jeruk kunci disimpan dalam waktu yang lama? – Apa saja hidangan yang cocok dipadukan dengan sambal terasi jeruk kunci? Sambal terasi jeruk kunci adalah sambal yang terbuat dari cabe, terasi, bawang putih, garam, gula, dan air jeruk kunci. Cara membuatnya cukup mudah, dengan tumis terasi dan bawang putih, tambahkan cabe dan jeruk kunci, kemudian masak hingga matang. Sambal ini cocok dipadukan dengan berbagai hidangan, seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate. Untuk menyimpannya, simpan di dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam kulkas. Sambal ini dapat bertahan hingga 1 minggu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Jeruk Kunci ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :