Resep Sambal Matah Tanpa Jeruk Nipis

Posted on

Resep Sambal Matah Tanpa Jeruk Nipis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Matah Tanpa Jeruk Nipis

Koki Profesional: Resep Sambal Matah Tanpa Jeruk Nipis Sambal matah adalah salah satu saus khas Bali yang sangat terkenal. Saat ini, sambal matah sudah sangat populer di seluruh Indonesia. Sambal ini terkenal karena rasanya yang pedas, segar, dan juga gurih. Resep sambal matah tanpa jeruk nipis dapat menjadi alternatif bagi mereka yang alergi atau tidak suka rasa asam pada jeruk nipis. Berikut adalah resep sambal matah tanpa jeruk nipis yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat sambal matah tanpa jeruk nipis, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut ini: 1. 10 siung bawang merah 2. 5 siung bawang putih 3. 5 buah cabai merah 4. 5 buah cabai rawit 5. 1 batang serai 6. 5 lembar daun jeruk 7. 2 lembar daun salam 8. 1 sdt terasi 9. 1 sdt garam 10. 1 sdt gula pasir 11. 100 ml minyak goreng 12. Air matang secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat sambal matah tanpa jeruk nipis: 1. Cuci bersih semua bahan yang akan digunakan. 2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih, lalu potong-potong serai dengan memanfaatkan bagian putihnya saja. 3. Potong-potong cabai merah dan rawit, lalu buang bijinya. 4. Iris tipis daun jeruk dan daun salam. 5. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang merah, bawang putih, serai, dan daun salam hingga harum. 6. Masukkan cabai merah dan rawit, aduk hingga cabai berubah warna. 7. Tambahkan terasi, garam, dan gula pasir. Aduk rata. 8. Masukkan daun jeruk, aduk sebentar hingga layu. 9. Matikan api, angkat sambal, lalu biarkan hingga dingin. 10. Setelah dingin, sambal matah siap disajikan.

Cara Menyajikan

Sambal matah tanpa jeruk nipis dapat disajikan sebagai pelengkap hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, atau sate. Kamu juga bisa menikmatinya dengan lalapan, seperti mentimun atau tomat. Sambal matah ini bisa bertahan hingga beberapa hari dalam kondisi tersegel dan disimpan di dalam kulkas.

Keunikan Sambal Matah Tanpa Jeruk Nipis

Keunikan dari sambal matah tanpa jeruk nipis adalah memadukan rasa pedas, gurih, dan segar dalam satu sajian. Tanpa rasa asam dari jeruk nipis, sambal matah ini tetap memiliki kelezatan yang sama dengan sambal matah biasa. Dengan rasa yang sangat khas, sambal matah tanpa jeruk nipis cocok untuk kamu yang ingin mencoba variasi baru dalam menyajikan hidangan. People also ask: – Apakah sambal matah tanpa jeruk nipis memiliki rasa yang sama dengan sambal matah biasa? Jawab: Ya, sambal matah tanpa jeruk nipis memiliki rasa yang sama dengan sambal matah biasa. Rasa pedas, gurih, dan segar tetap terasa dengan menggunakan bahan pengganti jeruk nipis. – Apakah sambal matah tanpa jeruk nipis bisa disimpan dalam jangka waktu lama? Jawab: Ya, sambal matah tanpa jeruk nipis bisa disimpan dalam kulkas dalam jangka waktu beberapa hari. Pastikan sambal dalam kondisi tersegel dan disimpan di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Matah Tanpa Jeruk Nipis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :