Resep Sambal Lombok Ijo Padang

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Lombok Ijo Padang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Lombok Ijo Padang

Kamu yang suka makan pedas pasti sudah tidak asing dengan sambal lombok ijo Padang. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dengan sentuhan keasaman dan manis yang membuat lidah kita bergoyang. Di artikel kali ini, saya akan membagikan resep sambal lombok ijo Padang yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal lombok ijo Padang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang harus kamu siapkan:

  • 20 buah cabe rawit hijau
  • 10 buah cabe hijau besar
  • 5 buah cabe merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah tomat hijau
  • 3 sdm air asam jawa
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Lombok Ijo Padang

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, kamu bisa mulai membuat sambal lombok ijo Padang dengan cara berikut:

1. Cuci Bersih Semua Bahan

Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan untuk membuat sambal lombok ijo Padang. Pastikan semua bahan sudah benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.

2. Potong-Potong Bahan

Setelah semua bahan sudah bersih, potong-potong cabe rawit hijau, cabe hijau besar, cabe merah besar, bawang putih, dan tomat hijau. Potong-potong sesuai dengan selera dan kebutuhan.

3. Tumis Bumbu Halus

Bumbu halus yang harus kamu siapkan adalah bawang putih dan garam. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan matang.

4. Masukkan Cabe Hijau dan Merah Besar

Selanjutnya, masukkan potongan cabe hijau dan merah besar ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk rata dan tumis hingga cabe agak layu dan matang.

5. Masukkan Cabe Rawit Hijau dan Tomat Hijau

Setelah cabe hijau dan merah besar sudah matang, masukkan potongan cabe rawit hijau dan tomat hijau. Aduk rata dan tumis hingga semua bahan matang sempurna.

6. Tambahkan Air Asam Jawa, Gula Pasir, dan Garam

Setelah semua bahan matang, tambahkan air asam jawa, gula pasir, dan garam ke dalam tumisan sambal lombok ijo Padang. Aduk rata dan masak hingga semua bahan tercampur sempurna.

7. Angkat dan Sajikan

Setelah sambal lombok ijo Padang sudah matang dan tercampur sempurna, angkat dan sajikan di atas piring. Sambal ini siap dihidangkan sebagai pendamping makananmu.

Simpan Sambal Lombok Ijo Padang dengan Benar

Setelah membuat sambal lombok ijo Padang, pastikan kamu menyimpannya dengan benar agar tidak cepat rusak. Simpan sambal ini di dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Dengan penyimpanan yang benar, sambal lombok ijo Padang bisa bertahan selama beberapa hari.

People also ask: Bagaimana cara membuat sambal lombok ijo Padang yang pedas?

Jawaban: Untuk membuat sambal lombok ijo Padang yang pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabe rawit hijau pada resep di atas. Sesuaikan jumlah cabe rawit hijau dengan selera pedasmu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Lombok Ijo Padang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :