Resep Sambal Jeruk Limau Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Jeruk Limau Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Jeruk Limau Enak

Resep Sambal Jeruk Limau Enak Sambal jeruk limau adalah salah satu sambal yang memiliki rasa segar dan pedas yang khas. Sambal ini cocok untuk disajikan bersama dengan berbagai jenis makanan seperti nasi goreng, mie goreng, atau ayam goreng. Jika kamu ingin mencoba membuat sambal jeruk limau sendiri di rumah, berikut ini adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal jeruk limau, pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain: – 10 buah cabai rawit – 5 buah cabai merah – 2 siung bawang putih – 1 buah jeruk limau – Garam secukupnya – Gula secukupnya

Cara membuat

Setelah semua bahan-bahan tersedia, kamu bisa memulai membuat sambal jeruk limau dengan cara berikut ini: 1. Pertama-tama, cuci bersih cabai rawit dan cabai merah. Kemudian iris tipis cabai tersebut dan sisihkan. 2. Selanjutnya, kupas bawang putih dan iris tipis. 3. Peras jeruk limau dan ambil airnya. 4. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak. 5. Tumis bawang putih hingga harum. 6. Masukkan cabai rawit dan cabai merah yang sudah diiris tadi ke dalam wajan. Tumis hingga cabai layu. 7. Setelah itu, tambahkan air jeruk limau dan aduk rata. 8. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan sambal matang. 9. Angkat sambal dan sajikan selagi masih hangat.

Tips membuat sambal jeruk limau enak

Agar sambal jeruk limau yang kamu buat enak dan sedap, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, di antaranya: – Jangan terlalu banyak menggunakan garam dan gula. Cukup gunakan secukupnya saja agar rasa sambal tidak terlalu asin atau manis. – Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam sambal saat memasak agar sambal tidak terlalu kering dan mudah gosong. – Gunakan jeruk limau yang segar untuk mendapatkan rasa sambal yang lebih segar dan nikmat.

Penyajian sambal jeruk limau

Sambal jeruk limau bisa kamu sajikan bersama dengan berbagai jenis makanan seperti nasi goreng, mie goreng, atau ayam goreng. Kamu juga bisa menambahkan sambal ini ke dalam sajian seafood seperti ikan bakar atau udang goreng. Sajikan sambal jeruk limau dalam wadah kecil dan letakkan di tengah-tengah meja agar tamu bisa mengambilnya sendiri. Untuk people also ask, mungkin ada yang bertanya apakah sambal jeruk limau pedas? Jawabannya adalah ya, sambal jeruk limau memiliki rasa pedas karena menggunakan cabai rawit dan cabai merah sebagai bahan utamanya. Namun, tingkat kepedasan sambal bisa disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan. Selain itu, kepedasan sambal juga bisa diatur dengan cara membuang biji cabai atau tidak.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Jeruk Limau Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :