Resep Sambal Geprek Sederhana Rumahan

Posted on

Resep Sambal Geprek Sederhana Rumahan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Geprek Sederhana Rumahan

Kamu sedang mencari resep sambal geprek sederhana rumahan yang mudah dibuat? Berikut ini adalah resep yang dapat kamu coba. Sambal geprek merupakan hidangan yang sedang populer di Indonesia, terutama bagi pecinta pedas. Dalam resep ini, kamu dapat mengatur tingkat kepedasan sesuai dengan selera kamu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal geprek, pastikan kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Air secukupnya

Cara membuat sambal geprek

Setelah kamu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat sambal geprek sederhana rumahan.

1. Cuci bersih cabai dan bawang putih

Pertama-tama, cuci bersih cabai rawit merah, cabai merah keriting, dan bawang putih. Setelah itu, iris cabai dan bawang putih menjadi potongan kecil agar lebih mudah dihaluskan.

2. Haluskan cabai dan bawang putih

Setelah cabai dan bawang putih diiris, haluskan cabai dan bawang putih menggunakan blender atau ulekan. Jangan terlalu halus, biarkan sedikit kasar agar terasa lebih nikmat saat digeprek.

3. Tumis bumbu halus

Panaskan minyak goreng di wajan, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna dan matang.

4. Tambahkan air secukupnya

Tambahkan air secukupnya agar sambal tidak terlalu kental. Aduk rata dan masak hingga air menyusut dan sambal terlihat lebih kental.

5. Sajikan sambal geprek

Setelah sambal matang, kamu dapat menyajikannya dengan ayam atau tahu goreng. Ambil ayam atau tahu goreng, gempur dengan sambal geprek hingga bercampur rata. Sambal geprek sederhana rumahan siap disajikan.

Tips memasak sambal geprek

Agar sambal geprek lebih nikmat, kamu dapat mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Tambahkan sedikit air jeruk nipis untuk memberikan rasa asam yang segar pada sambal.
  • Tambahkan sedikit kecap manis untuk memberikan rasa manis yang lezat.
  • Tambahkan sedikit tomat yang telah dihaluskan untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar pada sambal.

Jangan lupa untuk mencicipi rasa sambal geprek sebelum disajikan untuk memastikan kepedasan yang sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba!

Pertanyaan yang sering diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar resep sambal geprek sederhana rumahan:

1. Bolehkah menggunakan cabai jenis lain?

Tentu saja, kamu dapat menggunakan cabai jenis lain seperti cabai hijau atau cabai besar. Namun, pastikan kamu menyesuaikan jumlah cabai yang digunakan agar tingkat kepedasannya sesuai dengan selera kamu.

2. Bisakah sambal geprek disimpan dalam kulkas?

Ya, sambal geprek dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan kamu menyimpannya dalam wadah tertutup agar tidak cepat basi.

3. Apakah sambal geprek lebih enak dengan ayam atau tahu?

Ini tergantung pada selera kamu. Beberapa orang lebih menyukai sambal geprek dengan ayam, sementara yang lain lebih menyukai dengan tahu. Kamu dapat mencoba keduanya dan memilih yang paling kamu sukai.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Sederhana Rumahan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :