Resep Sambal Cumi Asin Pedas Manis

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Asin Pedas Manis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Asin Pedas Manis

Kamu yang suka makanan pedas pasti pernah mencoba sambal cumi asin pedas manis. Sambal ini sangat cocok untuk kamu yang suka makan cumi dan mencari rasa yang pedas dan manis. Berikut ini adalah resep sambal cumi asin pedas manis yang bisa kamu coba buat di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Cumi segar sebanyak 500 gram

2. Bawang merah sebanyak 10 siung

3. Bawang putih sebanyak 5 siung

4. Cabe merah keriting sebanyak 10 buah

5. Tomat sebanyak 2 buah

6. Gula pasir sebanyak 2 sendok makan

7. Garam sebanyak 1 sendok teh

8. Air matang sebanyak 100 ml

9. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Bersihkan cumi dan potong-potong sesuai selera. Lalu, rebus cumi hingga matang. Setelah matang, tiriskan dan sisihkan.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah keriting menggunakan blender atau ulekan.

3. Potong tomat menjadi bagian-bagian kecil. Lalu, tumis bumbu halus hingga harum.

4. Tambahkan tomat ke dalam tumisan bumbu halus dan aduk rata hingga tomat layu.

5. Masukkan cumi yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan gula pasir, garam, dan air matang. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam cumi.

Cara penyajian:

Sajikan sambal cumi asin pedas manis di atas piring dan tambahkan sedikit minyak goreng di atasnya. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang sebagai garnish.

Tips:

1. Kamu bisa menambahkan cumi asin ke dalam resep ini untuk memberikan rasa yang lebih gurih.

2. Jangan terlalu banyak menambahkan air matang agar sambal tidak terlalu encer.

3. Kamu bisa menambahkan gula pasir atau garam sesuai selera.

4. Jangan terlalu lama merebus cumi agar tidak menjadi alot.

5. Kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis untuk memberikan rasa yang segar.

Jawaban untuk People also ask: – Apakah sambal cumi asin pedas manis ini sulit dibuat? Sambal cumi asin pedas manis ini cukup mudah dibuat asalkan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di resep ini. – Apa yang bisa menjadi alternatif bahan jika tidak suka cumi? Jika tidak suka cumi, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam atau udang. Namun, pastikan untuk mengikuti cara memasak yang sesuai dengan bahan yang kamu pilih. – Apakah sambal cumi asin pedas manis ini bisa disimpan lama? Sambal cumi asin pedas manis ini bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup agar tidak cepat basi atau berubah rasa.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Asin Pedas Manis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :