Resep Sambal Cumi Asin Cabe Ijo

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Asin Cabe Ijo salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Asin Cabe Ijo

Kamu seorang pecinta makanan pedas? Jika iya, tidak ada salahnya mencoba resep sambal cumi asin cabe ijo yang akan saya bagikan kali ini. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dari cabe ijo, ditambah dengan gurihnya cumi asin yang membuat lidah kamu bergoyang. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal cumi asin cabe ijo, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 300 gram cumi asin
  • 10 buah cabe ijo besar
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat hijau
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Cumi Asin Cabe Ijo

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, kamu bisa memulai membuat sambal cumi asin cabe ijo dengan cara sebagai berikut:

1. Seduh Cumi Asin

Pertama-tama, rendam cumi asin dalam air panas selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, cuci bersih cumi asin dengan air mengalir agar garam yang menempel hilang. Tiriskan.

2. Goreng Bumbu

Goreng bawang merah, bawang putih, dan cabe ijo hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.

3. Tumis Bumbu

Tumis bumbu yang sudah digoreng hingga harum. Masukkan tomat hijau yang sudah dipotong-potong kecil-kecil. Aduk rata dan biarkan tomat matang.

4. Haluskan Bumbu

Setelah bumbu sudah matang, angkat dan haluskan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan air sedikit demi sedikit agar bumbu mudah dihaluskan.

5. Tumis Cumi Asin

Panaskan minyak goreng, lalu tumis cumi asin hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.

6. Masak Sambal Cumi Asin

Tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan masak hingga bumbu matang dan air berkurang. Tambahkan cumi asin dan aduk rata. Masak hingga cumi asin matang dan bumbu meresap.

7. Sajikan

Sambal cumi asin cabe ijo siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya sebagai pelengkap makanan atau sebagai sambal untuk makan nasi panas.

Itulah resep sambal cumi asin cabe ijo yang bisa kamu coba di rumah. Sangat mudah, bukan? Selain itu, sambal ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka makan pedas. Jangan lupa untuk mencoba resep ini ya!

Jawaban dari people also ask: Bagaimana cara membuat sambal cumi asin cabe ijo yang enak?

Untuk membuat sambal cumi asin cabe ijo yang enak, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, jangan terlalu banyak menggunakan garam karena cumi asin sudah memiliki rasa asin yang cukup. Kedua, masak bumbu hingga benar-benar matang agar sambal tidak terasa mentah. Terakhir, tambahkan air sedikit demi sedikit agar bumbu mudah dihaluskan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Asin Cabe Ijo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :