Resep Kue Wajik 1 2 Kg Ketan Wangi

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Wajik 1 2 Kg Ketan Wangi salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Wajik 1 2 Kg Ketan Wangi

Kue wajik 1 2 kg ketan wangi adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa manis dan kenyal. Kue ini terbuat dari bahan dasar ketan putih yang dicampur dengan gula merah dan santan. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat kue wajik 1 2 kg ketan wangi yang enak dan lezat.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue wajik 1 2 kg ketan wangi adalah:

  • 1 kg ketan putih
  • 600 gram gula merah, iris tipis
  • 800 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • Daun pandan secukupnya

Cara Membuat

Berikut ini adalah cara membuat kue wajik 1 2 kg ketan wangi:

  1. Cuci ketan putih hingga bersih, lalu rendam dalam air selama kurang lebih 4 jam
  2. Tuang santan ke dalam panci dan masukkan irisan gula merah, aduk hingga gula larut dan santan tercampur rata
  3. Tambahkan daun pandan dan garam, lalu masak santan dengan api kecil hingga kental dan mengental, jangan lupa diaduk terus agar tidak gosong
  4. Setelah santan kental, matikan api dan angkat daun pandan
  5. Tiriskan air rendaman ketan, lalu kukus ketan selama kurang lebih 20 menit, atau hingga matang dan empuk
  6. Campurkan ketan yang sudah matang dengan santan kental, aduk hingga tercampur rata
  7. Siapkan loyang dan lapisi dengan daun pisang atau plastik, lalu tuang adonan ketan ke dalam loyang dan ratakan
  8. Dinginkan adonan ketan hingga mengeras, lalu potong-potong sesuai dengan selera
  9. Wajik ketan siap disajikan dan dinikmati

Tips

Jika ingin menambahkan aroma pandan yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan sedikit pasta pandan pada adonan ketan sebelum dicampurkan dengan santan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kelapa parut sebagai topping untuk menambahkan rasa dan tekstur pada kue wajik.

Cara Penyajian

Kue wajik 1 2 kg ketan wangi bisa disajikan dalam keadaan dingin atau suhu ruangan. Biasanya kue ini disajikan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, atau acara keluarga lainnya. Anda juga bisa menyimpan kue wajik dalam kulkas selama beberapa hari agar tetap segar dan kenyal.

People also ask:

1. Apa itu kue wajik?

Kue wajik adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan dasar ketan putih yang dicampur dengan gula merah dan santan. Kue ini memiliki cita rasa manis dan kenyal.

2. Bagaimana cara membuat kue wajik?

Untuk membuat kue wajik, Anda membutuhkan bahan seperti ketan putih, gula merah, santan, garam, dan daun pandan. Ketan putih direndam dan dikukus, lalu dicampurkan dengan santan gula merah hingga kental. Adonan ketan yang sudah dicampurkan dengan santan kemudian dipotong-potong dan disajikan dalam keadaan dingin atau suhu ruangan.

3. Apa saja tips untuk membuat kue wajik yang enak?

Beberapa tips untuk membuat kue wajik yang enak adalah mengukus ketan hingga matang dan empuk, mengaduk santan terus menerus saat dimasak agar tidak gosong, dan menambahkan pasta pandan atau kelapa parut sebagai topping untuk menambahkan aroma dan rasa pada kue wajik.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Wajik 1 2 Kg Ketan Wangi ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :