Resep Kue Muffin Pake Daun Bawang

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Muffin Pake Daun Bawang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Muffin Pake Daun Bawang

Kue muffin adalah salah satu kue yang sangat digemari oleh orang-orang. Selain rasanya yang lezat, kue muffin juga mudah dibuat. Namun, kali ini kita akan mencoba membuat kue muffin dengan bahan daun bawang. Apa lagi yang kita butuhkan? Tentu saja, resep kue muffin pake daun bawang yang akan kita bahas kali ini.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue muffin pake daun bawang ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 200 gram tepung terigu serbaguna
  • 150 ml susu cair
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat kue muffin pake daun bawang. Berikut adalah cara membuat kue muffin pake daun bawang:

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah yang cukup besar untuk mencampurkan semua bahan. Pastikan wadah tersebut bersih dan kering sebelum digunakan. Hal ini akan mempengaruhi hasil dari kue muffin yang akan kita buat.

2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam dalam wadah yang telah disiapkan tadi. Aduk rata menggunakan whisk atau sendok.

3. Campurkan Bahan Basah

Campurkan susu cair, telur, gula pasir, dan mentega cair dalam wadah yang berbeda. Aduk rata menggunakan whisk atau sendok hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Campurkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Tuangkan campuran bahan basah ke dalam campuran bahan kering. Aduk perlahan menggunakan whisk atau sendok hingga semua bahan tercampur sempurna. Jangan terlalu sering mengaduk agar adonan tidak overmix dan membuat kue muffin menjadi keras.

5. Tambahkan Irisan Daun Bawang

Tambahkan irisan daun bawang ke dalam adonan dan aduk perlahan dengan menggunakan spatula. Pastikan daun bawang tercampur rata ke dalam adonan.

6. Siapkan Loyang dan Cup Kertas

Siapkan loyang muffin dan cup kertas. Letakkan cup kertas di dalam lubang loyang muffin. Hal ini bertujuan agar kue muffin tidak lengket dan mudah diangkat dari loyang muffin.

7. Tuang Adonan ke Dalam Cup Kertas

Tuang adonan ke dalam cup kertas dengan menggunakan sendok sayur. Jangan terlalu penuh agar adonan tidak tumpah saat dipanggang.

8. Panggang Kue Muffin

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, panggang kue muffin selama kurang lebih 20-25 menit atau sampai matang. Untuk memastikan kue muffin matang, gunakan tusuk gigi dan tusukkan ke dalam kue muffin. Jika tusuk gigi keluar bersih, maka kue muffin sudah matang.

9. Angkat dan Dinginkan

Setelah matang, angkat kue muffin dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit di atas rak pendingin. Setelah dingin, kue muffin pake daun bawang siap disajikan.

Penutup

Itulah resep kue muffin pake daun bawang yang bisa kamu coba di rumah. Rasanya yang lezat dan aroma daun bawang yang khas membuat kue muffin ini cocok menjadi hidangan sarapan atau camilan di waktu luang. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apa saja variasi rasa untuk kue muffin?

Ada banyak variasi rasa untuk kue muffin, seperti blueberry, cokelat, pisang, keju, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba variasi rasa yang berbeda-beda tiap kali membuat kue muffin.

2. Apakah bisa mengganti daun bawang dengan bahan lain?

Tentu saja bisa. Kamu bisa mengganti daun bawang dengan bahan lain, seperti keju atau sayuran lainnya. Namun, pastikan bahan pengganti yang kamu gunakan bisa dipadukan dengan bahan lainnya dan tidak merubah tekstur serta rasa dari kue muffin.

3. Bagaimana cara membuat kue muffin yang lembut dan moist?

Untuk membuat kue muffin yang lembut dan moist, pastikan adonan tidak overmixing. Jangan terlalu sering mengaduk adonan agar tidak membuat kue muffin menjadi keras. Selain itu, gunakan mentega cair dan susu cair dalam adonan agar kue muffin tidak kering.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Muffin Pake Daun Bawang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :