Resep Kue Lapis Susu Kukus

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Susu Kukus salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Susu Kukus

Kue lapis susu kukus merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak digemari. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, gula, dan susu. Kue lapis susu kukus memiliki tekstur yang lembut dan aroma susu yang khas membuatnya menjadi camilan yang sempurna untuk disajikan di berbagai acara. Berikut adalah resep lengkap untuk membuat kue lapis susu kukus yang lezat.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis susu kukus:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 6 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 500 ml susu cair
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh pasta vanila
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Adonan

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar dan kocok 6 butir telur hingga mengembang dan berwarna putih. Setelah itu, tambahkan 200 gram gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan tercampur rata dan mengembang.

Saring Tepung Terigu

Setelah adonan telur dan gula tercampur rata, saring 250 gram tepung terigu dan 1/4 sendok teh garam ke dalam mangkuk adonan telur. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan Susu Cair dan Pasta Vanila

Tambahkan 500 ml susu cair dan 1 sendok teh pasta vanila ke dalam adonan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk hingga tercampur rata. Setiap kali ditambahkan susu, aduk hingga susu tercampur rata dengan adonan.

Setelah adonan tercampur rata, bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan warna yang diinginkan. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera dan aduk hingga warna tercampur rata dengan adonan.

Cara Membuat Kue Lapis Susu Kukus

Setelah adonan siap, olesi loyang dengan margarin dan panaskan kukusan. Tuang adonan pertama ke dalam loyang dan kukus selama sekitar 5-7 menit atau hingga adonan matang.

Setelah itu, tuang adonan kedua dan kukus lagi selama 5-7 menit atau hingga adonan matang. Lakukan hal yang sama untuk adonan ketiga dan seterusnya hingga adonan habis.

Setelah semua lapisan adonan matang, angkat loyang dari kukusan dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum dipotong. Potong kue sesuai dengan selera dan sajikan. Kue lapis susu kukus siap dinikmati!

Banyak orang yang juga bertanya tentang cara membuat kue lapis susu kukus yang lezat dan sempurna. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan adalah:

  • Bagaimana cara membuat lapisan kue yang tipis dan merata?
  • Apakah bisa menggunakan susu bubuk?
  • Apa yang harus dilakukan agar kue tidak bantat?

Untuk membuat lapisan kue yang tipis dan merata, pastikan setiap lapisan adonan tidak terlalu tebal dan diisi dengan jumlah adonan yang sama. Gunakan loyang yang sudah diolesi dengan margarin dan jangan lupa untuk menghangatkan kukusan sebelum mulai mengukus kue.

Anda bisa menggunakan susu bubuk sebagai pengganti susu cair, namun pastikan untuk mengikuti instruksi pada kemasan susu bubuk dan menyesuaikan jumlah air yang dibutuhkan untuk membuat adonan.

Untuk menghindari kue menjadi bantat, pastikan untuk mengukus adonan hingga matang dan jangan membuka tutup kukusan terlalu sering saat mengukus kue.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Susu Kukus ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :