Resep Kue Lapis Legit Khas Lampung

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Legit Khas Lampung salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Legit Khas Lampung

Kue lapis legit khas Lampung merupakan salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terkenal dengan rasa manis yang khas serta teksturnya yang lembut dan legit. Tidak heran jika kue ini menjadi favorit banyak orang, terutama saat momen-momen spesial seperti hari raya atau perayaan lainnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue lapis legit khas Lampung, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan untuk Kulit Kue:

  • 250 gram mentega tawar
  • 200 gram gula pasir
  • 12 butir kuning telur
  • 100 gram tepung terigu protein rendah (kunci biru)
  • 50 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh cengkeh bubuk

Bahan untuk Lapisan Kue:

  • 1 liter santan kental
  • 300 gram gula pasir
  • 10 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Kulit Kue:

1. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut dan tercampur rata.

2. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga adonan mengembang dan terlihat pucat.

3. Ayak tepung terigu, maizena, kayu manis bubuk, pala bubuk, dan cengkeh bubuk ke dalam adonan kuning telur, aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

4. Ambil 1/10 bagian adonan, ratakan di dasar loyang yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 25 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan.

5. Ulangi langkah nomor 4 hingga adonan habis dan terbentuk lapisan kulit kue yang tebal.

Cara Membuat Lapisan Kue:

1. Campurkan santan, gula pasir, dan garam dalam panci. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk hingga gula larut.

2. Kocok telur hingga lepas dan berbusa. Masukkan telur ke dalam campuran santan sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

3. Saring campuran santan dan telur tadi agar tidak ada gumpalan telur.

4. Bagi campuran santan menjadi 2 bagian. Satu bagian dicampur dengan vanili bubuk.

5. Panaskan loyang di atas api kecil. Letakkan lapisan kulit kue di dasar loyang.

6. Tuangkan campuran santan tanpa vanili di atas lapisan kulit kue, ratakan. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 25 menit atau hingga setengah matang.

7. Keluarkan loyang dari oven, biarkan dingin selama 10 menit.

8. Tuangkan campuran santan dengan vanili di atas lapisan santan yang belum matang, ratakan. Panggang lagi di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 25 menit atau hingga matang.

9. Ulangi langkah nomor 5-8 hingga semua lapisan kue selesai dipanggang.

10. Dinginkan kue lapis legit dan potong-potong sesuai selera.

Selamat mencoba!

Keistimewaan Kue Lapis Legit Khas Lampung

Kue lapis legit khas Lampung memiliki keistimewaan tersendiri. Selain rasa manisnya yang khas, kue ini memiliki aroma rempah-rempah yang membuatnya semakin nikmat. Selain itu, tekstur kue yang lembut dan legit membuat siapa saja yang mencobanya pasti akan ketagihan. Kue lapis legit khas Lampung juga mudah ditemukan di toko-toko kue atau pasar tradisional di Lampung dan daerah lainnya.

Sejarah Kue Lapis Legit Khas Lampung

Kue lapis legit khas Lampung dipercaya berasal dari zaman penjajahan Belanda. Saat itu, Belanda membawa tepung terigu dan mentega ke Indonesia. Masyarakat Indonesia kemudian menciptakan kue lapis legit dari bahan-bahan tersebut dan menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan cengkeh agar rasanya semakin nikmat.

Cara Membuat Kue Lapis Legit yang Lezat

Untuk membuat kue lapis legit yang lezat, ada beberapa tips yang perlu diikuti. Pertama, pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas baik dan segar. Kedua, gunakan api kecil saat memanggang kue agar kue matang merata dan tidak gosong. Ketiga, jangan terburu-buru saat memanggang kue, biarkan kue matang secara perlahan agar teksturnya lembut dan legit.

People Also Ask tentang Kue Lapis Legit Khas Lampung

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kue lapis legit khas Lampung:

  • 1. Apa bedanya kue lapis legit khas Lampung dengan kue lapis legit lainnya?
  • 2. Apakah kue lapis legit khas Lampung sulit dibuat?
  • 3. Apakah kue lapis legit khas Lampung bisa disimpan lama?

Untuk pertanyaan nomor 1, bedanya terletak pada bahan-bahan yang digunakan dan cara pembuatannya. Kue lapis legit khas Lampung menggunakan rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, pala, dan cengkeh. Sedangkan kue lapis legit lainnya mungkin menggunakan bahan-bahan lain atau tidak menggunakan rempah-rempah.

Untuk pertanyaan nomor 2, sebenarnya tidak sulit asalkan Anda mengikuti resep dengan teliti dan sabar saat memanggang kue. Dibutuhkan sedikit keterampilan dan ketelitian dalam membuat lapisan kue yang tebal dan lembut.

Untuk pertanyaan nomor 3, kue lapis legit khas Lampung bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama beberapa hari.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Legit Khas Lampung ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :