Resep Kue Lapis India Khas Banjarmasin

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis India Khas Banjarmasin salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis India Khas Banjarmasin

Resep Kue Lapis India Khas Banjarmasin Kue lapis India khas Banjarmasin merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup populer di Kalimantan Selatan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta aroma rempah yang khas. Jika Anda ingin mencoba membuat kue lapis India khas Banjarmasin di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis India khas Banjarmasin: – 500 gram tepung ketan – 400 ml santan kental – 200 gram gula pasir – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh vanili bubuk – 1 sendok teh kayu manis bubuk – 1/2 sendok teh cengkeh bubuk – 1/2 sendok teh jintan bubuk – 1/2 sendok teh adas bubuk – 1 lembar daun pandan, diikat simpul

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue lapis India khas Banjarmasin: 1. Campurkan tepung ketan, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, jintan bubuk, dan adas bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata. 2. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil. 3. Masukkan daun pandan dan vanili bubuk ke dalam adonan. Aduk rata. 4. Panaskan loyang berdiameter 20 cm dengan api kecil. Oleskan sedikit minyak atau margarin pada loyang. 5. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam loyang. Ratakan. 6. Panggang adonan dalam loyang di atas api kecil selama 5-7 menit atau hingga adonan mengeras. 7. Tuang lagi 1 sendok sayur adonan di atas adonan sebelumnya. Ratakan. 8. Panggang kembali selama 5-7 menit atau hingga adonan mengeras. 9. Ulangi langkah 7-8 hingga adonan habis atau loyang penuh. 10. Angkat loyang dari api dan dinginkan kue lapis India khas Banjarmasin sebelum dipotong-potong.

Tips

– Jangan terlalu sering membuka tutup loyang saat memanggang agar adonan tidak retak. – Gunakan loyang berdiameter 20 cm agar kue lapis India khas Banjarmasin tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. – Jangan terlalu banyak menambahkan santan agar adonan tidak terlalu encer dan mudah retak saat dipanggang.

Cara Penyajian

Setelah kue lapis India khas Banjarmasin dingin, potong-potong kue dengan ukuran yang diinginkan. Kue lapis India khas Banjarmasin siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Untuk yang belum pernah mencicipi kue lapis India khas Banjarmasin, mungkin ada beberapa pertanyaan yang muncul seperti “Apakah kue lapis India khas Banjarmasin sulit dibuat?” atau “Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis India khas Banjarmasin?”. Jawabannya adalah, kue lapis India khas Banjarmasin cukup mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Selain itu, kue lapis India khas Banjarmasin juga memiliki rasa yang unik dan nikmat sehingga pantas dicoba.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis India Khas Banjarmasin ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :