Resep Kue Jatuh Bangun Takaran Gelas

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Jatuh Bangun Takaran Gelas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Jatuh Bangun Takaran Gelas

Kue jatuh bangun takaran gelas adalah salah satu kue yang cukup populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Berikut adalah resep kue jatuh bangun takaran gelas yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue jatuh bangun takaran gelas, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Tepung terigu

Seperti pada umumnya, tepung terigu menjadi bahan utama dalam pembuatan kue jatuh bangun takaran gelas. Pastikan kamu menggunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang.

2. Gula pasir

Gula pasir digunakan sebagai pemanis pada kue jatuh bangun takaran gelas. Kamu bisa menyesuaikan jumlah gula sesuai dengan selera.

3. Telur ayam

Telur ayam berfungsi sebagai pengikat adonan dan memberikan kelembutan pada tekstur kue jatuh bangun takaran gelas. Gunakan telur ayam yang segar untuk hasil yang lebih baik.

4. Mentega

Mentega atau margarin digunakan sebagai bahan pengganti minyak goreng pada kue jatuh bangun takaran gelas. Pastikan kamu menggunakan mentega yang sudah dilelehkan terlebih dahulu.

5. Susu cair

Susu cair digunakan sebagai cairan pada adonan kue jatuh bangun takaran gelas. Kamu bisa menggunakan susu cair full cream atau skim sesuai dengan selera.

6. Baking powder

Baking powder adalah bahan pengembang pada kue jatuh bangun takaran gelas. Pastikan kamu menggunakan baking powder yang masih dalam kondisi aktif.

7. Garam

Garam digunakan sebagai penyedap pada kue jatuh bangun takaran gelas. Kamu bisa menyesuaikan jumlah garam sesuai dengan selera.

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue jatuh bangun takaran gelas. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Siapkan mangkuk besar

Siapkan mangkuk besar dan masukkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata menggunakan whisk atau sendok.

2. Tambahkan telur ayam

Tambahkan telur ayam ke dalam adonan dan aduk rata menggunakan whisk atau mixer. Pastikan adonan tercampur dengan baik.

3. Tambahkan mentega dan susu cair

Tambahkan mentega yang sudah dilelehkan dan susu cair ke dalam adonan. Aduk rata menggunakan whisk atau mixer hingga adonan tercampur dengan baik.

4. Diamkan adonan

Diamkan adonan selama 10-15 menit agar baking powder bisa bereaksi dengan baik dan mengembangkan adonan.

5. Panaskan oven

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 10-15 menit.

6. Tuang adonan ke dalam loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega atau dialasi kertas roti. Pastikan loyang sudah diisi adonan hingga setengah tinggi saja.

7. Panggang adonan

Panggang adonan di dalam oven selama 25-30 menit atau hingga matang. Jangan membuka oven terlalu sering agar adonan tidak kempes.

8. Angkat dari oven

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong.

People Also Ask

1. Apa bedanya kue jatuh bangun takaran gelas dengan kue bolu?

Kue jatuh bangun takaran gelas memiliki tekstur yang lebih padat dan kurang mengembang bila dibandingkan dengan kue bolu. Selain itu, kue jatuh bangun takaran gelas biasanya menggunakan takaran gelas sebagai ukuran bahan-bahannya.

2. Apa yang membuat kue jatuh bangun takaran gelas menjadi jatuh atau bangun?

Proses membuat kue jatuh bangun takaran gelas yang tidak rata atau tidak meratakan permukaan loyang saat memasukkan adonan ke dalam loyang bisa membuat kue menjadi jatuh atau bangun. Selain itu, suhu oven yang tidak stabil juga bisa mempengaruhi hasil akhir kue.

3. Apakah bisa menggunakan takaran sendok saat membuat kue jatuh bangun takaran gelas?

Sebaiknya tidak. Penggunaan takaran gelas akan memberikan hasil yang lebih akurat dan konsisten.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Jatuh Bangun Takaran Gelas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :