Resep Kue Dari Tepung Terigu Dan Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Dari Tepung Terigu Dan Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Dari Tepung Terigu Dan Gula Merah

Kue merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dinikmati pada berbagai kesempatan. Mulai dari acara formal hingga santai, kue selalu menjadi pilihan untuk menemani saat-saat tersebut. Salah satu jenis kue yang cukup populer adalah kue dari tepung terigu dan gula merah. Berikut ini adalah resep untuk membuat kue tersebut.

Bahan-Bahan

Untuk membuat kue dari tepung terigu dan gula merah, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula merah
  • 150 ml air matang
  • 100 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah membuat kue dari tepung terigu dan gula merah tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Pencairan Gula Merah

Pertama-tama, lelehkan gula merah dalam air matang. Setelah itu, saring untuk memisahkan bagian yang tidak dapat larut (seperti serbuk kayu).

2. Pengocokan Telur dan Mentega

Selanjutnya, kocok telur dan mentega hingga tercampur rata dan berwarna pucat. Tambahkan gula merah cair, aduk rata.

3. Penyaringan Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Saring campuran tersebut agar tidak ada gumpalan.

4. Pengadukan Tepung Terigu

Tuang campuran tepung terigu, baking powder, dan garam sedikit-sedikit ke dalam campuran telur dan mentega. Aduk rata dengan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah.

5. Penambahan Vanili Bubuk

Setelah adonan tercampur rata, tambahkan vanili bubuk. Aduk rata kembali.

6. Pengolesan Loyang

Olesi loyang dengan sedikit mentega dan taburi tepung tipis-tipis. Tuang adonan ke dalam loyang.

7. Pemasakan di Oven

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 30-40 menit atau hingga matang. Tes dengan tusuk gigi, jika keluar bersih, berarti kue sudah matang.

Variasi Kue dari Tepung Terigu dan Gula Merah

Resep kue dari tepung terigu dan gula merah di atas bisa dijadikan dasar untuk membuat berbagai jenis kue. Misalnya, bisa ditambahkan kacang, keju, atau buah-buahan yang dicincang. Dengan sedikit kreativitas, kue tersebut bisa menjadi lebih bervariasi dan menarik.

Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan tentang resep kue dari tepung terigu dan gula merah adalah bahwa kue tersebut bisa dijadikan pilihan untuk berbagai macam acara. Selain itu, kue tersebut bisa disimpan dalam wadah tertutup dan dimakan dalam beberapa hari ke depan. Jika ingin memberikan sentuhan khas, bisa ditambahkan topping atau hiasan yang sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Dari Tepung Terigu Dan Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :