Resep Kue Cucur Berserat Anti Gagal

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Cucur Berserat Anti Gagal salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Cucur Berserat Anti Gagal

Kue cucur adalah salah satu jenis kue tradisional yang digemari oleh banyak orang. Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih, serta tekstur yang lembut. Namun, seringkali kue cucur yang dihasilkan tidak memiliki serat yang cukup, sehingga kurang sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, saya akan berbagi resep kue cucur berserat anti gagal yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat kue cucur berserat anti gagal, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung ketan
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1 sendok makan tepung serat (psyllium husk)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 300 ml air kelapa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Adonan

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Berikut adalah cara membuat adonan kue cucur berserat anti gagal:

  1. Campurkan semua tepung, kelapa parut, serat, garam, dan baking powder di dalam wadah.
  2. Tuang air kelapa sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
  3. Diamkan adonan selama 15-30 menit agar serat tepung psyllium husk dapat bekerja dan mengikat adonan.

Cara Membentuk Kue Cucur

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah membentuk kue cucur. Berikut adalah cara membentuk kue cucur berserat anti gagal:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga cukup panas.
  2. Ambil satu sendok sayur adonan dan masukkan ke dalam wajan.
  3. Goreng kue cucur hingga kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Ulangi langkah 2-3 untuk adonan yang lain hingga habis.
Cara Penyajian

Setelah kue cucur sudah matang, langkah selanjutnya adalah menyajikannya. Berikut adalah cara menyajikan kue cucur berserat anti gagal:

  1. Tata kue cucur di atas piring saji.
  2. Sajikan kue cucur bersama dengan sambal kacang atau gula merah.
  3. Kue cucur berserat anti gagal siap disantap.

Dengan menggunakan tepung serat (psyllium husk) dalam adonan, kue cucur yang dihasilkan akan lebih sehat karena mengandung serat yang cukup. Selain itu, teksturnya juga lebih lembut dan empuk. Anda bisa mencoba resep ini di rumah dan nikmati kue cucur berserat yang anti gagal.

People also ask:

1. Apa itu tepung serat?

Jawaban: Tepung serat atau psyllium husk adalah serbuk yang terbuat dari kulit biji tumbuhan psyllium. Tepung ini kaya akan serat dan dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat kue atau roti.

2. Apa manfaat serat dalam makanan?

Jawaban: Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan karena dapat membantu melancarkan buang air besar dan mengurangi risiko terkena penyakit pencernaan.

3. Apakah kue cucur berserat sulit dibuat?

Jawaban: Tidak sulit. Dalam resep ini, saya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan mudah diolah di rumah. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas, Anda dapat membuat kue cucur berserat anti gagal dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Cucur Berserat Anti Gagal ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :