Resep Kue Bolu Panggang 4 Telur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Panggang 4 Telur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Panggang 4 Telur

Kue bolu panggang merupakan salah satu kue yang sangat digemari oleh banyak orang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis membuat banyak orang ketagihan untuk mencoba dan membuatnya sendiri. Dalam artikel ini, saya akan memberikan resep kue bolu panggang dengan menggunakan 4 telur yang sangat mudah diikuti. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue bolu panggang, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 100 gram margarin
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 1 sendok teh SP
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat kue bolu panggang

Setelah semua bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat kue bolu panggang. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Siapkan loyang dan olesi dengan margarin

Pertama-tama, olesi loyang dengan margarin agar adonan tidak lengket saat dipanggang. Pastikan loyang yang digunakan memiliki ukuran yang sesuai dengan adonan yang akan dibuat.

2. Ayak tepung terigu, baking powder, dan emulsifier

Selanjutnya, ayak tepung terigu, baking powder, dan emulsifier ke dalam wadah. Tujuannya adalah untuk memisahkan bagian-bagian tepung yang menggumpal dan membuat adonan menjadi lebih halus.

3. Kocok telur dan gula hingga mengembang

Langkah selanjutnya adalah kocok telur dan gula menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

4. Masukkan tepung terigu secara bertahap

Setelah telur dan gula sudah mengembang, masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus dikocok dengan mixer. Tujuannya adalah agar adonan tidak menggumpal dan lebih mudah dicampurkan.

5. Masukkan margarin cair dan vanili bubuk

Selanjutnya, masukkan margarin cair dan vanili bubuk ke dalam adonan. Kemudian aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

6. Tuang adonan ke dalam loyang

Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Pastikan adonan terisi hingga ¾ dari loyang.

7. Panggang adonan

Langkah terakhir adalah memanggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30-40 menit. Jika sudah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Tips untuk membuat kue bolu panggang yang sempurna

Untuk mendapatkan hasil kue bolu panggang yang sempurna, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Pertama, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik dan tepat. Kedua, kocok telur dan gula hingga mengembang dengan baik agar adonan tidak menggumpal. Ketiga, masukkan tepung terigu secara bertahap dan aduk rata agar adonan lebih mudah dicampurkan. Keempat, panggang adonan dengan suhu dan waktu yang tepat agar tidak overcooked atau undercooked.

Setelah membaca artikel ini, mungkin ada beberapa pertanyaan yang muncul di benak Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar kue bolu panggang dan jawabannya:

1. Apa bedanya kue bolu panggang dan kue bolu kukus?

Jawab: Kue bolu panggang dan kue bolu kukus memiliki tekstur yang berbeda. Kue bolu panggang lebih padat dan kering, sedangkan kue bolu kukus lebih lembut dan basah.

2. Apakah bisa menggunakan margarin untuk mengganti mentega dalam resep kue bolu panggang?

Jawab: Ya, bisa. Namun, rasanya akan sedikit berbeda karena margarin memiliki aroma yang lebih kuat dari mentega.

3. Berapa lama kue bolu panggang bisa disimpan?

Jawab: Kue bolu panggang bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat kue bolu panggang yang enak dan lezat. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Panggang 4 Telur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :