Resep Kue Bolu Ketan Hitam Nina Chrestela

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Ketan Hitam Nina Chrestela salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Ketan Hitam Nina Chrestela

Kue bolu ketan hitam adalah salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, seperti tepung ketan hitam, gula, telur, dan santan. Namun, rasa dan teksturnya yang lembut dan legit membuat kue bolu ketan hitam sangat digemari oleh banyak orang. Nah, kali ini saya akan berbagi resep kue bolu ketan hitam ala Nina Chrestela yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue bolu ketan hitam, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 200 gram tepung ketan hitam
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 100 ml santan kental
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, maka Anda bisa langsung memulai proses pembuatan kue bolu ketan hitam. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan di atas. Pastikan bahan-bahan tersebut telah tersedia dengan jumlah yang sesuai.

2. Campurkan Tepung Ketan Hitam, Gula, dan Telur

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung ketan hitam, gula, dan telur dalam satu wadah. Aduk dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata.

3. Tambahkan Santan, Minyak Goreng, Pasta Pandan, Baking Powder, dan Garam

Setelah campuran tepung ketan hitam, gula, dan telur tercampur rata, langkah selanjutnya adalah menambahkan santan, minyak goreng, pasta pandan, baking powder, dan garam. Aduk lagi dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata.

4. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Setelah semua bahan tercampur rata, langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dioles dengan margarin atau mentega. Pastikan adonan terisi hingga setengah dari loyang.

5. Panggang Kue Bolu Ketan Hitam

Setelah adonan terisi di dalam loyang, langkah selanjutnya adalah memanggang kue bolu ketan hitam dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 30-40 menit.

6. Cek Kematangan Kue Bolu Ketan Hitam

Setelah kue bolu ketan hitam dipanggang selama kurang lebih 30-40 menit, langkah selanjutnya adalah memeriksa kematangan kue. Caranya dengan menusukkan tusuk gigi atau lidi ke dalam kue. Jika kue sudah matang, maka tusuk gigi atau lidi tersebut akan keluar bersih.

7. Angkat dan Sajikan

Setelah kue bolu ketan hitam matang, langkah selanjutnya adalah mengeluarkan kue dari dalam oven dan membiarkannya selama beberapa menit hingga agak dingin. Setelah itu, kue bisa dipotong-potong dan disajikan. Nah, itu dia resep kue bolu ketan hitam ala Nina Chrestela yang bisa Anda coba di rumah. Kue ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup. Selamat mencoba! People also ask tentang resep kue bolu ketan hitam ini antara lain: – Apakah tepung ketan hitam bisa diganti dengan tepung ketan putih? Jawab: Bisa, namun rasa dan teksturnya akan berbeda. – Bisa menggunakan margarin atau mentega untuk mengoles loyang? Jawab: Bisa, namun sebaiknya menggunakan margarin atau mentega yang tidak terlalu banyak agar kue tidak terlalu lembek. – Apakah pasta pandan bisa diganti dengan pewarna makanan? Jawab: Bisa, namun rasa dan aroma kue bolu ketan hitam akan berbeda.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Ketan Hitam Nina Chrestela ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :