Resep Dan Cara Membuat Sambal Ayam Bakar

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Dan Cara Membuat Sambal Ayam Bakar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Dan Cara Membuat Sambal Ayam Bakar

Kamu sedang mencari resep sambal ayam bakar yang enak dan praktis? Berikut ini adalah resep dan cara membuat sambal ayam bakar yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, kamu bisa membuat hidangan yang lezat dan bergizi ini untuk keluarga tercinta.

Bahan-Bahan

Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ayam bakar:

1. Ayam

Pilih ayam bagian dada atau paha yang sudah dipotong sesuai selera. Pastikan ayam yang dipilih segar dan bersih.

2. Bumbu Ayam

Untuk bumbu ayam, kamu bisa menggunakan bumbu dapur seperti garam, merica, dan ketumbar. Tambahkan juga sedikit minyak goreng agar bumbu lebih meresap pada ayam.

3. Bawang Putih dan Bawang Merah

Iris bawang putih dan bawang merah tipis-tipis. Bawang putih dan bawang merah akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada sambal ayam bakar.

4. Cabai Merah dan Cabai Rawit

Cabai merah dan cabai rawit bisa dipilih sesuai dengan selera. Jika tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan.

5. Tomat

Pilih tomat yang masih segar dan matang. Potong tomat menjadi ukuran yang kecil agar lebih mudah dihaluskan.

6. Air Asam Jawa

Untuk memberikan rasa asam pada sambal ayam bakar, kamu bisa menggunakan air asam jawa. Air asam jawa juga dapat membuat sambal lebih segar dan enak.

7. Gula dan Garam

Tambahkan gula dan garam secukupnya untuk menyesuaikan rasa sambal ayam bakar.

8. Daun Jeruk dan Daun Salam

Daun jeruk dan daun salam akan memberikan aroma yang harum pada sambal ayam bakar. Gunakan daun yang masih segar untuk hasil yang lebih baik.

9. Minyak Goreng

Gunakan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan menumis bumbu.

Cara Membuat

Berikut ini adalah cara membuat sambal ayam bakar yang enak dan lezat:

1. Marinasi Ayam

Marinasi ayam dengan bumbu ayam selama kurang lebih 30 menit. Pastikan bumbu ayam merata pada ayam. Setelah itu, goreng ayam hingga matang dan kecokelatan.

2. Tumis Bumbu

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, tambahkan cabai merah dan cabai rawit yang sudah diiris. Tumis bumbu hingga matang dan harum.

3. Haluskan Bumbu

Setelah bumbu matang, haluskan bumbu menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan air asam jawa, gula, dan garam, lalu haluskan kembali.

4. Masak Sambal

Masukkan sambal yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Tambahkan daun jeruk dan daun salam, lalu masak sambal hingga matang. Jangan lupa untuk mencicipi sambal dan menyesuaikan rasa jika diperlukan.

5. Masukkan Ayam

Setelah sambal matang, masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan ayam tercampur dengan sambal. Tunggu beberapa menit hingga ayam benar-benar meresap sambal.

6. Sajikan

Sambal ayam bakar siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya bersama nasi hangat dan sayur-sayuran sebagai pelengkap.

People Also Ask: Apa Saja Variasi Sambal Ayam Bakar yang Bisa Dicoba?

Ada beberapa variasi sambal ayam bakar yang bisa kamu coba, di antaranya:

1. Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, bawang putih, serai, dan daun jeruk. Kamu bisa mencampurkan sambal matah dengan ayam bakar untuk mendapatkan rasa yang lebih segar.

2. Sambal Kecap

Sambal kecap terbuat dari kecap manis, bawang putih, dan cabai rawit. Kamu bisa mencampurkan sambal kecap dengan ayam bakar untuk mendapatkan rasa yang manis dan pedas.

3. Sambal Tomat

Sambal tomat terbuat dari tomat, cabai rawit, bawang putih, dan garam. Kamu bisa mencampurkan sambal tomat dengan ayam bakar untuk mendapatkan rasa yang segar dan sedikit asam.

Jadi, itulah resep dan cara membuat sambal ayam bakar yang enak dan praktis. Kamu bisa mencoba variasi sambal ayam bakar yang lain untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Dan Cara Membuat Sambal Ayam Bakar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :