Resep Dan Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Dan Cara Membuat Kue Brownies Kukus salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Dan Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Kue brownies kukus menjadi salah satu kue yang paling digemari oleh banyak orang. Kue yang lembut dan legit ini dapat dijadikan sebagai sajian istimewa untuk keluarga atau tamu yang datang berkunjung. Namun, untuk membuat kue brownies kukus yang lezat dan empuk tidaklah mudah. Dibutuhkan resep dan teknik yang tepat agar hasilnya dapat memuaskan selera. Berikut ini adalah resep dan cara membuat kue brownies kukus yang dapat diikuti dengan mudah.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue brownies kukus, terlebih dahulu harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Utama

– 150 gram tepung terigu protein sedang

– 50 gram tepung coklat bubuk

– 200 gram gula pasir

– 4 butir telur

– 1 sendok teh emulsifier (SP/TBM)

– 125 gram mentega

– 1 sendok teh pasta vanilla

– 1/2 sendok teh garam

– 1 sendok makan baking powder

– 150 ml air matang

Bahan Olesan

– Mentega secukupnya

– Tepung terigu secukupnya

Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kue brownies kukus yang lezat dan empuk:

1. Siapkan Wadah dan Alat yang Dibutuhkan

Siapkan wadah besar untuk mencampurkan semua bahan. Selain itu, siapkan juga mixer atau whisker untuk mengocok adonan serta loyang kue yang telah diolesi mentega dan diberi tepung terigu.

2. Campurkan Tepung Terigu, Tepung Coklat, dan Baking Powder

Campurkan tepung terigu, tepung coklat, dan baking powder pada wadah yang telah disiapkan. Aduk rata menggunakan whisker atau saringan tepung.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Mixer atau kocok telur dan gula pasir hingga adonan mengembang dan berwarna putih pucat. Masukkan emulsifier dan kocok kembali hingga adonan mengembang dan berwarna lebih putih.

4. Masukkan Tepung Terigu dan Tepung Coklat ke dalam Adonan Telur

Masukkan campuran tepung terigu, tepung coklat, dan baking powder ke dalam adonan telur sedikit-sedikit sambil terus dikocok dengan mixer atau whisker. Aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan pada adonan.

5. Tambahkan Mentega Cair, Garam, dan Pasta Vanilla

Tambahkan mentega cair, garam, dan pasta vanilla ke dalam adonan. Aduk rata menggunakan mixer atau whisker hingga adonan tercampur sempurna.

6. Tambahkan Air Matang

Tambahkan air matang ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil terus diaduk menggunakan mixer atau whisker. Pastikan adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

7. Tuang Adonan ke dalam Loyang Kue

Tuang adonan ke dalam loyang kue yang telah diolesi mentega dan diberi tepung terigu. Pastikan adonan terisi penuh hingga tidak ada sisa adonan.

8. Kukus Adonan Brownies

Kukus adonan brownies selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang. Jangan membuka tutup kukusan selama proses pengukusan agar adonan tidak bantat.

9. Angkat Brownies dari Kukusan

Setelah kurang lebih 30-40 menit, cek kematangan brownies dengan menusukkan tusuk gigi pada tengah-tengah adonan. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya brownies sudah matang. Angkat loyang dari kukusan dan dinginkan pada suhu ruang.

10. Sajikan Brownies Kukus

Setelah dingin, keluarkan brownies dari loyang dan potong-potong sesuai selera. Sajikan brownies kukus dengan taburan gula bubuk atau krim keju di atasnya.

Itulah resep dan cara membuat kue brownies kukus yang lezat dan empuk. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, kamu dapat membuat kue brownies kukus sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang tentang kue brownies kukus adalah apakah brownies kukus dapat disimpan di dalam kulkas? Jawabannya adalah iya, kamu dapat menyimpan brownies kukus di dalam kulkas selama kurang lebih 3-4 hari. Namun, pastikan untuk memasukkan brownies dalam wadah kedap udara dan jangan lupa untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan agar tetap lembut dan empuk.

Terima kasih sudah membaca Resep Dan Cara Membuat Kue Brownies Kukus ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :