Resep Dan Cara Membuat Kue Bawang Yang Renyah Dan Gurih

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Dan Cara Membuat Kue Bawang Yang Renyah Dan Gurih salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Dan Cara Membuat Kue Bawang Yang Renyah Dan Gurih

Kue bawang merupakan salah satu camilan yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan bawang, kue ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue bawang sendiri di rumah, berikut adalah resep dan cara membuat kue bawang yang renyah dan gurih.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue bawang, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan bahan dasar pembuatan kue bawang. Pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang berkualitas dan tidak mengandung zat pengawet. Untuk membuat kue bawang yang renyah, gunakan tepung terigu protein tinggi.

2. Bawang Merah

Bawang merah adalah bahan utama yang memberikan rasa gurih pada kue bawang. Gunakan bawang merah segar dan potong tipis-tipis agar bisa tercampur merata dengan adonan tepung.

3. Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa pada kue bawang. Gunakan garam halus dan jangan terlalu banyak karena bisa membuat kue bawang terlalu asin.

4. Baking Powder

Baking powder digunakan untuk membuat kue bawang menjadi lebih mengembang dan renyah. Pastikan Anda menggunakan baking powder yang fresh dan belum kadaluarsa.

5. Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng kue bawang. Pilih minyak goreng yang sehat dan tidak terlalu banyak mengandung lemak jenuh.

Cara Membuat Kue Bawang

Setelah semua bahan siap, berikut adalah cara membuat kue bawang yang renyah dan gurih:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Campurkan 200 gram tepung terigu dan 1 sendok teh baking powder ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur merata.

2. Tambahkan Bawang Merah dan Garam

Tambahkan 100 gram bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis dan 1 sendok teh garam ke dalam wadah tepung terigu. Aduk hingga tercampur merata.

3. Tambahkan Air Sedikit-Sedikit

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tepung terigu menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. Pastikan adonan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.

4. Diamkan Adonan Selama 30 Menit

Diamkan adonan selama 30 menit agar bawang dapat meresap ke dalam adonan dan kue bawang menjadi lebih gurih.

5. Goreng Adonan di Minyak Panas

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Ambil sedikit adonan menggunakan sendok, lalu bentuk adonan menjadi bulat pipih. Goreng adonan hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna.

6. Tiriskan Kue Bawang

Tiriskan kue bawang yang sudah digoreng di atas kertas minyak agar minyak berlebih dapat terserap.

7. Sajikan Kue Bawang

Kue bawang yang sudah matang dan renyah siap disajikan. Nikmati kue bawang dengan secangkir teh atau kopi di sore hari.

Tips Membuat Kue Bawang yang Renyah dan Gurih

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kue bawang yang Anda buat menjadi lebih renyah dan gurih:

1. Potong Bawang Tipis-Tipis

Potong bawang merah tipis-tipis agar bawang dapat tercampur merata dengan adonan tepung. Bawang yang terpotong tipis juga lebih mudah meresap ke dalam adonan, sehingga kue bawang menjadi lebih gurih.

2. Tambahkan Baking Powder yang Cukup

Perhatikan takaran baking powder yang digunakan. Terlalu sedikit baking powder akan membuat kue bawang tidak mengembang, sedangkan terlalu banyak akan membuat kue bawang terlalu renyah dan keras.

3. Diamkan Adonan Selama 30 Menit

Diamkan adonan selama 30 menit agar bawang dapat meresap ke dalam adonan dan kue bawang lebih gurih. Jangan terburu-buru menggoreng adonan meskipun adonan sudah tercampur rata.

4. Gunakan Minyak Goreng yang Tepat

Pilih minyak goreng yang sehat dan tidak terlalu banyak mengandung lemak jenuh. Minyak goreng yang bagus akan membuat kue bawang lebih renyah dan tidak terlalu berminyak.

5. Jangan Terlalu Banyak Menggoreng Adonan

Jangan terlalu banyak menggoreng adonan agar kue bawang tidak terlalu keras dan kering. Goreng adonan hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna.

People Also Ask

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kue bawang:

1. Apakah kue bawang bisa disimpan lama?

Kue bawang bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa hari. Namun, untuk menjaga kesegaran dan kelezatan kue bawang, sebaiknya dikonsumsi dalam waktu satu atau dua hari setelah dibuat.

2. Apakah tepung terigu protein tinggi bisa diganti dengan tepung terigu biasa?

Tepung terigu protein tinggi disarankan untuk membuat kue bawang yang renyah. Namun, jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan tepung terigu biasa.

3. Bisakah kue bawang dibuat tanpa bawang?

Tentu saja bisa, namun rasanya akan berbeda. Bawang merah memberikan rasa gurih pada kue bawang, sehingga jika tidak menggunakan bawang, kue bawang akan terasa kurang gurih.

4. Apakah kue bawang bisa dibuat tanpa baking powder?

Baking powder digunakan untuk membuat kue bawang lebih mengembang dan renyah. Jika tidak menggunakan baking powder, kue bawang akan terasa lebih padat dan keras.

Itulah resep dan cara membuat kue bawang yang renyah dan gurih. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat kue bawang sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Dan Cara Membuat Kue Bawang Yang Renyah Dan Gurih ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :