Resep Cara Membuat Sambal Ati

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Cara Membuat Sambal Ati salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Cara Membuat Sambal Ati

Kamu sedang mencari resep sambal ati yang enak dan mudah dibuat? Kamu berada di tempat yang tepat! Sebagai seorang koki profesional, saya akan membagikan resep cara membuat sambal ati yang sangat lezat dan tidak sulit untuk dibuat. Sambal ati adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Sumatera dan Jawa Barat. Sambal ini terbuat dari hati ayam yang diiris tipis dan dicampur dengan bumbu-bumbu yang pedas dan lezat.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal ati, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gram hati ayam, iris tipis
  • 3 buah cabai merah, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 buah bawang merah, cincang halus
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan sudah siap, kamu bisa langsung memulai proses pembuatan sambal ati. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

1. Tumis bawang putih, bawang merah, jahe, daun salam, dan serai

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Setelah panas, tumis bawang putih, bawang merah, jahe, daun salam, dan serai sampai harum. Aduk-aduk agar bumbu tidak gosong.

2. Masukkan hati ayam dan tomat

Tambahkan hati ayam dan tomat ke dalam wajan. Aduk-aduk sampai hati ayam berubah warna dan tomat layu. Jangan terlalu lama menggoreng hati ayam, agar tidak terlalu keras.

3. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit

Tambahkan cabai merah dan cabai rawit ke dalam wajan. Aduk-aduk sampai cabai layu dan bumbu meresap ke dalam hati ayam.

4. Tambahkan gula dan garam

Tambahkan gula dan garam ke dalam wajan. Aduk-aduk sampai gula dan garam tercampur rata dengan bahan-bahan lainnya.

5. Angkat dan sajikan

Sambal ati siap disajikan! Kamu bisa menyajikannya dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya seperti ayam goreng atau ikan bakar.

Itulah resep cara membuat sambal ati yang enak dan mudah. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sambal ati:

1. Apakah sambal ati bisa disimpan dalam waktu lama?

Ya, sambal ati bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat dan jangan lupa untuk memanaskan kembali sebelum disajikan.

2. Apakah sambal ati bisa dibuat lebih pedas?

Tentu saja! Kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah sesuai dengan selera kamu. Namun, pastikan kamu tidak menambahkan terlalu banyak cabai, agar tidak terlalu pedas.

3. Apakah sambal ati hanya bisa dibuat dengan hati ayam?

Tidak. Kamu juga bisa menggunakan hati sapi atau hati babi untuk membuat sambal ati. Namun, hati ayam lebih sering digunakan karena lebih mudah ditemukan dan harganya lebih murah.

Terima kasih sudah membaca Resep Cara Membuat Sambal Ati ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :