Resep Agar Kue Kering Tidak Mudah Hancur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Agar Kue Kering Tidak Mudah Hancur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Agar Kue Kering Tidak Mudah Hancur

Kue kering adalah salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh banyak orang. Namun, seringkali kue kering mudah hancur dan tidak tahan lama. Hal ini tentu sangat disayangkan karena membuat kue kering membutuhkan waktu dan usaha yang cukup banyak. Oleh karena itu, sebagai koki profesional, saya akan membagikan resep agar kue kering tidak mudah hancur.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue kering, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat kue kering yang tidak mudah hancur, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 250 gram
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Margarin atau mentega sebanyak 200 gram
  • Kuning telur sebanyak 2 butir
  • Cokelat bubuk atau pasta pandan secukupnya (jika ingin memberikan warna pada kue)

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan, Anda bisa mulai membuat kue kering dengan langkah-langkah berikut:

1. Ayak tepung terigu

Ambil tepung terigu dan ayak menggunakan saringan halus. Hal ini bertujuan untuk memastikan tepung terigu tidak menggumpal dan menjadi lebih halus.

2. Mixer mentega dan gula halus

Siapkan mixer dan masukkan mentega atau margarin yang sudah dicairkan dan gula halus. Mixer hingga tercampur rata dan teksturnya menjadi lembut.

3. Tambahkan kuning telur

Tambahkan kuning telur satu per satu ke dalam adonan mentega dan gula halus. Mixer hingga tercampur rata.

4. Tambahkan tepung terigu

Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak sedikit-sedikit ke dalam adonan mentega, gula halus, dan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata dan teksturnya menjadi kalis.

5. Tambahkan cokelat bubuk atau pasta pandan

Jika ingin memberikan warna pada kue, tambahkan cokelat bubuk atau pasta pandan secukupnya ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata.

6. Bentuk adonan kue

Bentuk adonan kue sesuai dengan selera Anda. Anda bisa menggunakan cetakan kue atau membentuk adonan dengan tangan.

7. Oven kue

Setelah adonan kue selesai dibentuk, oven kue pada suhu 150 derajat Celcius selama 20-25 menit atau hingga matang sempurna.

Tips Agar Kue Kering Tidak Mudah Hancur

Setelah kue kering matang, hindari langsung memindahkan kue ke dalam toples atau wadah penyimpanan. Biarkan kue dingin terlebih dahulu agar teksturnya lebih keras. Selain itu, pastikan juga wadah penyimpanan kue kering bersih dan kering untuk menghindari kelembaban pada kue. Simpan kue kering dalam wadah tertutup rapat dan jangan lupa beri alas pada bagian bawah wadah untuk mencegah kue terkena udara langsung.

People also ask, apakah dengan menambahkan bahan tertentu bisa membuat kue kering lebih tahan lama dan tidak mudah hancur? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa menambahkan bahan pengembang seperti baking powder atau baking soda pada adonan kue untuk membuatnya lebih tahan lama dan tidak mudah hancur. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan pengembang dengan takaran yang tepat agar rasa dan tekstur kue tetap enak.

Terima kasih sudah membaca Resep Agar Kue Kering Tidak Mudah Hancur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :