Cara Mengobati Bisul Di Mata Secara Alami

Posted on

Cara Mengobati Bisul Di Mata Secara Alami salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengobati Bisul Di Mata Secara Alami

Bisul di mata merupakan kondisi yang sangat mengganggu dan menyakitkan. Bisul tersebut dapat terjadi di sekitar bulu mata, kelopak mata, atau bahkan di dalam mata. Bisul di mata disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi pada kelenjar minyak di sekitar mata. Jika tidak diobati dengan benar, bisul di mata dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti infeksi mata dan kerusakan permanen pada penglihatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengobati bisul di mata secara alami.

Penyebab Bisul di Mata

Bisul di mata disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasanya hidup pada kulit wajah dan dapat masuk ke dalam kelenjar minyak di sekitar mata melalui pori-pori kulit yang tersumbat atau melalui luka kecil pada kulit. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya bisul di mata antara lain:

  • Kebersihan yang buruk
  • Kondisi kulit yang lembab dan berminyak
  • Imun sistem yang lemah
  • Stres yang berlebihan
  • Kontak dengan orang yang terinfeksi

Gejala Bisul di Mata

Gejala bisul di mata dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan infeksi. Beberapa gejala yang umum terjadi pada bisul di mata antara lain:

  • Benjolan kecil dan berwarna merah di sekitar mata
  • Nyeri pada mata
  • Mata terasa sakit saat ditekan atau digerakkan
  • Pembengkakan pada kelopak mata
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di dekat telinga
  • Pembengkakan pada pipi
  • Sakit kepala
  • Demam

Cara Mengobati Bisul di Mata Secara Alami

Ada beberapa cara yang dapat membantu mengobati bisul di mata secara alami. Namun, perlu diingat bahwa pengobatan alami ini tidak menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter. Jika bisul di mata Anda parah atau tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, segera periksakan ke dokter.

Berikut beberapa cara mengobati bisul di mata secara alami:

1. Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata. Caranya, siapkan handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air hangat. Kemudian, peras handuk dan letakkan di atas mata yang terkena bisul selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, oleskan minyak kelapa yang telah dipanaskan ke bisul di mata menggunakan kapas. Ulangi beberapa kali sehari.

3. Daun Sirih

Daun sirih memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, rebus daun sirih dalam air selama 10-15 menit. Kemudian, dinginkan dan gunakan air rebusan untuk membersihkan mata yang terkena bisul. Ulangi beberapa kali sehari.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan pada bisul di mata. Ulangi beberapa kali sehari.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, celupkan kantong teh hijau ke dalam air panas selama beberapa menit. Kemudian, dinginkan dan letakkan di atas mata yang terkena bisul selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

6. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, parut jahe dan peras airnya. Kemudian, oleskan air jahe pada bisul di mata menggunakan kapas. Ulangi beberapa kali sehari.

7. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, hancurkan satu atau dua siung bawang putih dan oleskan pada bisul di mata. Ulangi beberapa kali sehari.

8. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung asam ricinoleat yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, oleskan minyak jarak pada bisul di mata menggunakan kapas. Ulangi beberapa kali sehari.

9. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, campurkan kunyit dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta kunyit pada bisul di mata. Ulangi beberapa kali sehari.

10. Air Garam

Air garam memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi pada bisul di mata. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat. Kemudian, gunakan air garam untuk membersihkan mata yang terkena bisul. Ulangi beberapa kali sehari.

Itulah beberapa cara mengobati bisul di mata secara alami. Namun, jika bisul di mata Anda parah atau tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, segera periksakan ke dokter. Jangan mengambil risiko dengan mengobati sendiri tanpa pengawasan medis.

People also ask:

1. Apa yang harus dilakukan jika bisul di mata pecah?

Jika bisul di mata pecah, bersihkan mata dengan air hangat dan bersih. Kemudian, oleskan salep antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Jangan memencet atau menggaruk bisul tersebut karena dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius.

2. Bisul di mata berbahaya?

Jika tidak diobati dengan benar, bisul di mata dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti infeksi mata dan kerusakan permanen pada penglihatan. Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati bisul di mata.

3. Apa yang harus dilakukan agar tidak terkena bisul di mata?

Untuk mencegah terjadinya bisul di mata, lakukan beberapa hal berikut:

  • Rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan wajah
  • Menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi
  • Tidak menggosok atau memencet mata
  • Menghindari penggunaan produk kosmetik yang sudah kadaluarsa

Terima kasih sudah membaca Cara Mengobati Bisul Di Mata Secara Alami ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :