Cara Mengatasi Muka Merah Karena Obat Jerawat

Posted on

Cara Mengatasi Muka Merah Karena Obat Jerawat salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Muka Merah Karena Obat Jerawat

Cara Mengatasi Muka Merah karena Obat Jerawat Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang. Untuk mengatasinya, banyak orang menggunakan obat jerawat. Namun, tidak jarang obat jerawat tersebut justru membuat muka menjadi merah. Apa yang harus dilakukan jika muka Anda menjadi merah karena obat jerawat? Berikut ini adalah cara mengatasi muka merah karena obat jerawat.

1. Hentikan Penggunaan Obat Jerawat

Jika muka Anda menjadi merah setelah menggunakan obat jerawat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan penggunaan obat tersebut. Jangan memaksa untuk terus menggunakannya meskipun jerawat belum hilang. Karena bisa jadi, obat tersebut tidak cocok dengan kulit Anda dan justru membuat masalah kulit semakin parah.

2. Bilas Muka dengan Air Dingin

Setelah menghentikan penggunaan obat jerawat, bilas muka dengan air dingin. Air dingin dapat membantu mengurangi kemerahan pada wajah. Selain itu, air dingin juga membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

3. Gunakan Kompres Dingin

Jika bilasan air dingin tidak cukup membantu mengurangi kemerahan pada wajah, gunakan kompres dingin. Caranya, rendam handuk ke dalam air dingin kemudian peras hingga tidak terlalu basah. Tempelkan handuk tersebut pada wajah selama beberapa menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk membantu meredakan kemerahan pada wajah.

4. Gunakan Pelembap yang Tepat

Kulit yang teriritasi akibat penggunaan obat jerawat biasanya akan menjadi kering. Oleh karena itu, gunakan pelembap yang tepat untuk membantu melembapkan kulit. Pilihlah pelembap yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit semakin iritasi. Selain itu, pastikan juga pelembap yang digunakan tidak terlalu berat dan mudah menyerap ke dalam kulit. Pelembap yang berat dapat membuat pori-pori kulit tersumbat dan memperparah masalah jerawat.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat membuat kulit semakin teriritasi dan memperparah kemerahan pada wajah. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari langsung. Gunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan dan gunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat juga dapat membantu mengatasi masalah kulit. Makanan yang mengandung vitamin C dan E, beta-karoten, dan antioksidan dapat membantu meredakan kemerahan pada wajah dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain itu, hindari makanan yang dapat memicu jerawat seperti makanan berlemak, makanan pedas, dan makanan yang mengandung gula tinggi.

7. Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika kemerahan pada wajah tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Dokter kulit dapat membantu menentukan penyebab kemerahan pada wajah dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit. Jangan mengabaikan kemerahan pada wajah yang terjadi akibat penggunaan obat jerawat karena hal tersebut dapat memperparah masalah kulit. People Also Ask: – Apa yang harus dilakukan jika kemerahan pada wajah tidak kunjung hilang setelah menghentikan penggunaan obat jerawat? Jawaban: Jika kemerahan pada wajah tidak kunjung hilang setelah menghentikan penggunaan obat jerawat, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Dokter kulit dapat membantu menentukan penyebab kemerahan pada wajah dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Muka Merah Karena Obat Jerawat ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :