Cara Membuat Sambal Cumi Yang Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Cumi Yang Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Cumi Yang Enak

Koki profesional pasti memiliki banyak resep yang bisa diandalkan untuk membuat masakan yang lezat. Salah satu resep yang patut dicoba adalah cara membuat sambal cumi yang enak. Sambal cumi adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari cumi-cumi yang diolah dengan bumbu-bumbu khas. Berikut ini adalah resep dan cara membuat sambal cumi yang enak.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai mengolah bahan-bahan untuk membuat sambal cumi, pastikan bahan-bahan tersebut tersedia dan segar. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal cumi yang enak antara lain:

  • 500 gram cumi-cumi segar
  • 5 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu ayam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Sambal Cumi yang Enak

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat sambal cumi yang enak:

1. Membersihkan dan Memotong Cumi-cumi

Bersihkan cumi-cumi dari kotoran dan bagian dalamnya. Kemudian potong cumi-cumi sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa memotongnya menjadi cincin atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Membuat Bumbu Halus

Masukkan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah ke dalam blender. Haluskan semua bahan hingga menjadi pasta.

3. Menumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan potongan cumi-cumi ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga cumi-cumi berubah warna.

4. Menambahkan Tomat dan Bumbu Lainnya

Tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Kemudian tambahkan gula merah, garam, dan kaldu ayam. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

5. Masak Hingga Matang

Biarkan sambal cumi mendidih dan masak hingga cumi matang dan semua bahan tercampur rata. Cicipi sambal cumi dan tambahkan garam atau gula merah sesuai dengan selera kamu.

6. Sajikan Sambal Cumi

Sambal cumi yang enak siap disajikan. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang atau seledri sebagai hiasan di atas sambal cumi. Sambal cumi ini bisa disajikan dengan nasi putih, nasi goreng, atau makanan lainnya sesuai dengan selera kamu.

People also ask: Bagaimana cara membuat sambal cumi yang pedas?

Jawaban: Untuk membuat sambal cumi yang pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabai rawit ke dalam bumbu halus. Kamu juga bisa menambahkan cabai bubuk atau cabe merah keriting yang sudah diiris-iris sebagai bahan tambahan.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Cumi Yang Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :