Cara Membuat Sambal Cabe Hijau Besar

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Cabe Hijau Besar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Cabe Hijau Besar

Kamu sedang mencari cara membuat sambal cabe hijau besar yang enak dan pedas? Jangan khawatir, sebagai koki profesional, aku akan membagikan resep sambal cabe hijau besar yang lezat dan mudah dibuat. Dalam resep ini, kamu akan menggunakan cabe hijau besar yang memberikan rasa pedas yang khas dan aroma yang harum. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal cabe hijau besar, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram cabe hijau besar
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal cabe hijau besar

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa memulai membuat sambal cabe hijau besar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Cuci bersih cabe hijau besar dan cabai rawit

Cuci cabe hijau besar dan cabai rawit dengan air mengalir sampai bersih. Buang tangkai dan potong cabe hijau besar menjadi beberapa bagian untuk memudahkan proses penghalusan.

2. Iris bawang merah dan bawang putih

Iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis agar mudah dihaluskan nanti.

3. Tumis bawang merah dan bawang putih

Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna.

4. Masukkan cabe hijau besar dan cabai rawit

Masukkan cabe hijau besar dan cabai rawit ke dalam wajan, aduk rata dengan bawang merah dan bawang putih. Tambahkan sedikit air agar bahan-bahan lebih mudah dihaluskan nanti. Masak hingga cabe hijau besar dan cabai rawit layu dan warnanya berubah menjadi lebih terang.

5. Tambahkan gula dan garam

Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya ke dalam wajan, aduk rata. Rasakan rasa sambal, jika kurang pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

6. Masukkan tomat

Iris tomat kecil-kecil, masukkan ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga tomat layu dan bumbu meresap.

7. Haluskan bahan-bahan

Setelah semua bahan matang, angkat dari wajan dan dinginkan. Setelah dingin, haluskan bahan-bahan dengan blender atau ulekan.

8. Tambahkan minyak goreng

Panaskan sedikit minyak goreng di wajan, masukkan sambal yang sudah dihaluskan tadi. Tumis sambal hingga matang dan berubah warna menjadi lebih terang. Angkat dan sambal cabe hijau besar siap disajikan.

Cara penyimpanan

Sambal cabe hijau besar yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah yang bersih dan kedap udara. Simpan di dalam kulkas agar tahan lebih lama. Sambal juga bisa diawetkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari sampai kering, kemudian simpan di dalam wadah kedap udara.

People also ask

Banyak orang yang penasaran tentang berbagai hal terkait dengan sambal cabe hijau besar. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Apakah cabe hijau besar sulit ditemukan?

Cabe hijau besar biasanya mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan. Namun, jika sulit ditemukan, kamu bisa mencoba menggunakan cabe hijau kecil sebagai pengganti.

2. Bisakah sambal cabe hijau besar dijadikan sebagai bahan masakan?

Tentu saja bisa. Sambal cabe hijau besar bisa dijadikan sebagai bahan masakan untuk memberikan rasa pedas dan harum pada masakan. Kamu bisa mencoba membuat tumis sayur atau nasi goreng dengan tambahan sambal cabe hijau besar.

3. Apakah sambal cabe hijau besar lebih pedas daripada sambal lainnya?

Sambal cabe hijau besar memiliki tingkat kepedasan yang bervariasi tergantung pada jumlah cabai rawit yang digunakan. Namun, secara umum sambal cabe hijau besar memiliki rasa pedas yang lebih ringan daripada sambal cabe merah atau sambal pedas lainnya.

Itulah resep sambal cabe hijau besar yang lezat dan mudah dibuat. Selamat mencoba! Semoga berhasil.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Cabe Hijau Besar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :