Cara Dan Resep Membuat Kue Karamel

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Dan Resep Membuat Kue Karamel salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Dan Resep Membuat Kue Karamel

Karamel adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Rasanya yang manis dan khas membuat kue karamel menjadi pilihan favorit banyak orang. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat kue karamel yang lezat dan sempurna. Oleh karena itu, sebagai koki profesional, saya akan membagikan resep dan cara membuat kue karamel yang mudah diikuti dan hasilnya memuaskan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue karamel, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 350 ml susu cair
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram mentega

Cara membuat karamel

Sebelum membuat kue karamel, pertama-tama kita harus membuat karamel terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah membuat karamel:

  1. Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang.
  2. Tuang gula pasir ke dalam wajan dan biarkan mencair. Jangan diaduk terlebih dahulu, biarkan gula mencair secara perlahan.
  3. Jika gula sudah mencair dan berubah menjadi kecoklatan, aduk menggunakan spatula atau sendok kayu hingga tercampur rata.
  4. Matikan api dan tuangkan karamel ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Ratakan dan biarkan dingin.

Cara membuat adonan kue

Setelah membuat karamel, selanjutnya adalah membuat adonan kue. Berikut adalah langkah-langkah membuat adonan kue:

  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Kocok telur dan garam menggunakan mixer hingga mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu, vanili bubuk, susu cair, dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
  4. Tuang adonan kue ke atas karamel yang sudah dingin.
  5. Panggang kue selama 40-50 menit hingga matang.
Cara memeriksa kematangan kue

Setelah memanggang kue selama 40-50 menit, kita perlu memeriksa apakah kue sudah matang atau belum. Caranya adalah dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi. Tusuk gigi atau lidi harus dimasukkan ke dalam kue hingga mencapai bagian tengah. Jika tusuk gigi atau lidi keluar bersih, artinya kue sudah matang. Jika masih ada adonan yang menempel pada tusuk gigi atau lidi, artinya kue masih perlu dipanggang beberapa menit lagi.

Itulah cara membuat kue karamel yang mudah dan enak. Semoga resep dan cara membuat kue karamel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

People Also Ask: Bagaimana cara membuat karamel agar tidak menggumpal?

Jawaban: Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar karamel tidak menggumpal, yaitu:

  • Panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menambahkan gula.
  • Tambahkan sedikit air ke dalam gula saat mencairkan gula. Hal ini akan membuat gula lebih mudah dicampur dan tidak mudah menggumpal.
  • Jangan terlalu sering mengaduk gula saat mencairkannya. Biarkan gula mencair secara perlahan dan aduk hanya saat gula sudah mencair sempurna.
  • Gunakan api sedang untuk mencairkan gula. Jangan gunakan api terlalu besar karena akan membuat gula cepat gosong dan menggumpal.

Terima kasih sudah membaca Cara Dan Resep Membuat Kue Karamel ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :